Pages

Sabtu, 29 Januari 2011

i'm a prison breaker...

Image and video hosting by TinyPicPrison Break.
Ya, serial TV asal amerika ini memang booming beberapa tahun lalu. Tapi saya baru tergila-gila pada serial ini sejak kira-kira 1 tahun yang lalu. Sebenarnya saya tahu acara ini sejak acara ini tayang di ANTV beberapa tahun silam. Tapi entah kenapa, dulu acara ini sama sekali tidak menarik perhatian saya.
Sampai akhirnya, kurang lebih 1 tahun yang lalu,karena kebiasaan tidur yang cukup larut, secara tidak sengaja saya melihat serial ini di RCTI...dan ternyata cerita dari serial ini sangat menakjubkan! 

Mulailah saya rutin menonton dan mengamati serial ini. Menonton dari TV ternyata sangat menguras emosi karena jadwal yang sangat tidak jelas dan juga editing yang keterlaluan, sehingga banyak part dari serial ini yang tidak saya tonton. Akhirnya saya beli online semua episode Prison Break dan wow! saya semakin jatuh cinta pada serial ini. Disini saya coba menyusun sinopsis versi saya sendiri tentang cerita di serial ini, juga tentang karakter-karakter yang ada didalamnya. Check it out!


Image and video hosting by TinyPicSerial ini mengisahkan tentang 2 bersaudara, Lincoln Burrows dan Michael Scofield, yang merupakan anak dari Aldo Burrows, seorang mantan agen dari perusahaan korup berskala Internasional bernama The Company. The Company mengatur segala aspek bisnis, politik, dan keamanan di AS, dan bahkan wakil presiden AS sendiri disokong oleh mereka, sehingga seolah-olah AS adalah 'milik' mereka. Company tidak segan-segan membunuh siapapun yang mengetahui kebusukan mereka atau mencoba mengusik keberadaan mereka. 
Masalah dimulai ketika Aldo Burrows berbalik melawan Company dan ingin menjatuhkan mereka. Company mengatur sebuah konspirasi besar yang melibatkan Lincoln, dimana seolah-olah Lincoln membunuh adik Wakil Presiden Caroline Reynolds, Terrence Steadman sehingga Lincoln dijatuhi hukuman mati. Company melakukan ini dengan maksud agar Aldo Burrows menghentikan usahanya untuk menjatuhkan Company. Disinilah awal cerita dimulai, dimana Michael, adik Lincoln yang seorang insinyur bangunan jenius, merencanakan sebuah rencana besar untuk membuat kakaknya bisa melarikan diri dari penjara, karena ia yakin kakaknya tidak bersalah. Dari sini, banyak sekali pengalaman menegangkan yang mereka lalui untuk melawan The Company...

Season 1
Plot utama season 1 ini adalah bagaimana usaha Michael untuk membebaskan kakaknya Lincoln dari penjara fox river yang merupakan penjara paling ketat di AS. Awalnya Michael mengira kakaknya benar-benar membunuh Terrence, tapi akhirnya Lincoln berhasil meyakinkannya bahwa ia sama sekali tidak bersalah. Michael sendiri adalah seorang insinyur bangunan yang memiliki 'low latent inhibition', yaitu kemampuan otak yang bisa membuat ia sangat sensitif dalam merencanakan sesuatu sedetail mungkin, diimbangi dengan IQ jeniusnya, jadilah ia seorang yang sangat brilian. 
Michael, yang memiliki blue print lokasi lengkap penjara Fox River memindahkan blue print tersebut ke dalam tubuhnya melalui tattoo yang memenuhi hampir seluruh tubuhnya agar blue print tersebut selalu bersamanya dan tidak akan dicurigai. Kemudian, ia sengaja merampok sebuah bank tanpa mengambil apapun dan melukai siapapun. Tujuannya hanya agar ia bisa dipenjara bersama dengan Lincoln di Fox River.
Image and video hosting by TinyPicAkhirnya ia pun dipenjara di Fox River dan mulai menyusun rencana untuk kabur bersama Linc, panggilan Lincoln. Dalam rencananya yang sudah ia siapkan secara matang, Michael memasukkan beberapa nama napi lain yang akan membantunya untuk keluar dari Fox River, seperti teman satu sel nya, Fernando Sucre, bos Mafia John Abruzzi, dan perampok kelas kakap DB Cooper a.k.a Charles Westmorland. Michael juga menjalin hubungan dekat dengan dokter klinik Fox River, Dr. Sara Tancredi dengan berpura-pura menderita diabetes sehingga ia harus rutin menjalani perawatan. Pada awalnya Michael melakukan pendekatan ini karena ia membutuhkan akses dari klinik pada saat pelariannya, namun lama kelamaan Michael dan Sara benar-benar saling jatuh cinta.
Diluar penjara, kasus Lincoln ini juga mendapat bantuan dari mantan kekasih Linc, Veronica Donovan dan rekannya Nick Savrinn yang merupakan pengacara. Namun, mereka berdua gagal melawan konspirasi besar ini dan harus mengakhiri hidupnya secara tragis akibat kekejaman Company melalui agennya Paul Kellerman. Begitu juga mantan istri Linc yang terbunuh dan anak Linc, LJ yang menjadi target Company tapi berhasil melarikan diri.
Setelah melalui berbagai masalah, akhirnya pada akhir season ini Michael dan Linc berhasil kabur dari Fox River bersama 6 tahanan lain, yakni Sucre, Abruzzi, Theodore 'T-Bag' Bagwell, Benjamin Miles 'C-Note' Franklin, David 'Tweener' Apolskis,  dan Charles "Haywire" Patoshik yang kemudian dikenal dengan sebutan Fox River 8.


Season 2
Dalam season 2 ini, inti ceritanya adalah pelarian dari Fox River 8 setelah mereka berhasil melarikan diri dari penjara Fox River. Mereka sepakat berpencar mencari jalannya masing-masing. Rencana Michael adalah melarikan diri ke Panama, karena di Panama tidak ada perjanjian ekstradisi dan ia dan Linc bisa memulai hidup baru. Bagian dari rencana Michael adalah mengajak Charles Westmorland (DB Cooper) untuk ikut melarikan diri, karena Charles masih menyimpan uang rampokannya senilai 5 juta dolar di Utah. Sayang, Charles meninggal sesaat sebelum berhasil ikut dalam pelarian. Masalah timbul ketika T-Bag dan C Note secara tidak sengaja ikut mendengarkan apa yang Charles bicarakan pada Michael tentang uang di Utah itu. Jadilah mereka diam-diam juga mengincar uang itu dan sama-sama menuju ke Utah.
Image and video hosting by TinyPicPada kasus pelarian ini, Alexander Mahone, seorang agen handal FBI ditugaskan untuk menangkap Fox River 8. Ia seorang agen yang cerdas dan mampu membaca dan mengetahui setiap detail rencana Michael, namun ternyata ia juga adalah agen Company yang ditugaskan membunuh Fox River 8, dan ia berhasil membunuh Abruzzi, Patoshik, dan Tweener. Selain Mahone, Scofield cs. juga dikejar oleh Bradley 'Brad' Bellick, mantan kepala sipir penjara Fox River yang dipecat karena dianggap bertanggung jawab atas kaburnya Scofield dkk. Ia sangat dendam kepada Scofield dan selain itu ia tergiur oleh besarnya uang yang bisa ia dapatkan dengan menangkap Fox River 8.
Sementara itu, Sara yang tadinya marah kepada Michael dan merasa dibohongi, mulai menyadari ada yang janggal ketika ayahnya gubernur Trancedi tewas secara tidak wajar. Ia mulai menyadari ini ada hubungannya dengan kasus Lincoln, dan ia pun mulai mencari bukti untuk membantu Michael dan Lincoln. Akhirnya kasus pembunuhan Lincoln ini mendapat titik terang setelah Paul Kellerman, agen Company yang membelot, memberi kesaksian di persidangan. Disini terungkap bahwa wakil presiden Caroline, yang bahkan telah naik menjadi presiden karena membunuh presiden terdahulu, ada dibalik semua ini dan Linc terbukti tidak bersalah.
Michael dan Linc yang masih meneruskan pelarian mereka akhirnya sampai di Panama, dan terus dibuntuti oleh Mahone. Sara yang merasa perlu memberitahu Michael dan Linc bahwa semua telah berakhir, menyusul mereka ke Panama. Namun apa yang terjadi? Kembali Michael masuk jebakan Company, dan ia pun harus rela dipenjara di Sona, penjara yang ada di Panama. Ironisnya, Mahone, Bellick, dan T-Bag juga sama-sama saling menjebak hingga kemudian mereka dihukum bersama di Sona.


Season 3
Di season ini, terungkap bahwa Company sengaja memasukkan Michael ke Sona, yang merupakan penjara kacau & menyeramkan yang hanya dijaga oleh penjaga dari luar, dengan tujuan tertentu. Michael diperintahkan membawa kabur salah satu tahanan, yang bernama James Whistler. Whistler ini sangat diinginkan Company, dan belakangan diketahui bahwa ia adalah agen Company yang juga ingin menjatuhkan Company. Michael dengan terpaksa mengikuti kemauan Company, karena di luar sana, kekasihnya Sara dan keponakannya LJ disandera dan diancam dibunuh jika Michael tidak bisa mengeluarkan Whistler sesuai keinginan Company. Lincoln, yang berada di luar, bersama kekasih Whistler, Sofia menjadi negosiator dengan agen Company Gretechen Morgan, dimana ia lah yang menyandera anaknya, LJ dan Sara.
Image and video hosting by TinyPic
Dalam usaha nya menembus tembok penjara yang ketat di Sona, Michael akhirnya bersekutu dengan Mahone, T Bag, dan Bellick. Selain itu Michael juga dibantu oleh tahanan penguasa Sona, Lechero dan anak muda yang biasa dipanggil McGrady. Sucre, sahabat Michael di Fox River juga datang membantu dan pura-pura menjadi pekerja di Sona untuk memuluskan rencana pelarian Michael.
Ketika Lincoln mencoba membebaskan LJ dan Sara diluar kesepakatan, Gretchen sangat marah dan mengirim potongan kepala Sara agar Linc tidak mengulangi usaha nekatnya. Akhirnya demi keselamatan LJ, Linc berusaha mengikuti keinginan Company dan pada akhirnya Michael berhasil kabur dari Sona bersama Whistler, Mahone, McGrady. Setelah Michael kabur, terjadi kekacauan di Sona, Bellick dan T Bag pun berhasil melarikan diri. Sementara Sucre, yang sempat diketahui penyamaran nya pada akhirnya juga pergi dari Sona bersama Bellick.
Akhir dari season ini adalah pertukaran LJ dan Sofia, yang belakangan juga disandera, dengan Whistler. Setelah mengetahui Whistler punya identitas palsu, Sofia sangat marah dan malah memutuskan ikut dengan Lincoln, yang akhirnya menjadi kekasihnya di kemudian hari. Di lain pihak, Michael sangat kehilangan Sara dan ia berniat untuk membalaskan dendamnya kepada Gretchen.


Season 4
Season ini diawali dengan rencana Michael membalas dendam terhadap Gretchen atas kematian Sara. Tapi kemudian Michael dikejutkan dengan fakta bahwa Sara masih hidup dan potongan kepala yang dulu dikirim ke Linc bukanlah Sara. Dari situ Michael berniat berhenti dari semua masalah dan hidup tenang bersama Sara. Namun, The Company masih saja belum berhenti membuat kekacauan. Mereka menyerang Lincoln, yang berada di Panama bersama LJ dan sofia, untuk membunuhnya. Linc melawan agen Company tersebut dan tanpa sengaja menembaknya. Linc pun ditahan di Panama.
Ternyata, Lincoln dibebaskan oleh seorang agen federal bernama Donald Self, dengan syarat Linc, Michael, Sucre, Bellick, dan Mahone harus membantu ia untuk menemukan 'black book' milik Company yang disebut 'Scylla'. Jika tidak, mereka akan dijebloskan kembali ke dalam penjara karena memang status mereka adalah buronan. Sebaliknya jika berhasil, maka Don menjanjikan nama mereka semua akan dibersihkan dan dapat bebas. 
Image and video hosting by TinyPic
Scylla sendiri berisi semua data-data kejahatan Company yang dapat menjatuhkan Company. Jadilah di season ini, inti ceritanya adalah bagaimana Michael dengan otak jeniusnya, membuka sedikit demi sedikit kunci untuk menemukan Scylla.
Di tengah season ini, Michael dkk sebenarnya telah berhasil mendapatkan Scylla, namun yang mengejutkan adalah Don sebenarnya agen ganda yang berniat menjual Scylla ke pihak lain, dan Michael cs tidak mendapatkan pembebasan seperti yang dijanjikan Don pada awalnya.
Hal lain yang mengejutkan adalah masih hidupnya ibu Michael, Christina, yang pada awalnya Michael dan Linc pikir telah meninggal karena tumor ganas 23 tahun silam. Christina ternyata adalah agen Company yang juga berniat merebut Scylla, yang ternyata bukan hanya berisi data internal Company, tapi juga berisi teknologi mutakhir yang sangat mahal bila dijual. Di season ini juga terungkap Michael mengidap tumor ganas turunan dari sang ibu.
Akhir cerita prison break adalah diserahkannya Scylla pada pihak berwajib,ditangkapnya Jenderal Krantz, pimpinan Company dan tewasnya Christina di tangan Sara, yang hendak menyelamatkan nyawa Michael.
Akhir scene di season 4 menampilkan cuplikan kejadian 4 tahun setelah Company dijatuhkan. Disana berkumpul Sara, anak Sara &Michael, Michael Jr. , Lincoln, Sucre, dan Mahone di sebuah tempat. Tempat itu adalah............Makam dari Michael J. Scofield.


Prison Break: The Final Break
Image and video hosting by TinyPic'Prison Break :The Final Break' ini adalah episode penutup yang ditayangkan dalam bentuk film di layar lebar. Plot cerita nya menjelaskan apa yang terjadi sebelum cuplikan 4 tahun ke depan di episode terakhir season 4. Film ini dimulai ketika acara pernikahan Sara dan Michael, tiba-tiba Sara dijemput oleh polisi dan ditahan atas tuduhan pembunuhan terhadap Christina Scofield. Jadilah Michael kembali ke 'keahlian' lamanya, yakni menyusun strategi untuk kabur dari penjara, kali ini untuk istrinya tercinta, Sara Tancredi. Seperti biasa, Michael dibantu oleh Linc, sahabatnya Sucre, dan 'mantan' musuh besarnya yang kini jadi sahabatnya juga, Mahone.
Ending cerita ini sangat menyedihkan, dimana akhirnya Michael harus berkorban tinggal di dalam penjara, dan tewas karena menyelamatkan Sara,sementara Sara berhasil melarikan diri. Di akhir film, Michael memberi pesan terakhir lewat video kepada Sara, ia berkata cepat atau lambat memang ia akan pergi karena penyakit tumor otaknya.




Karakter Utama
Itu tadi sinopsis cerita keseluruhan tiap season dari Prison Break. Sekarang saya ingin sedikit membedah karakter utama yang ada di Prison Break. Check this one too!


1. Michael Scofield (diperankan oleh Wentworth Miller)
Image and video hosting by TinyPicInti dari semua cerita di Prison Break adalah kejeniusan seorang Michael Scofield, The Mastermind. Ia adalah seorang insinyur bangunan, yang memiliki sindrom 'low latent inhibition', dimana otaknya mampu menyusun segala sesuatu yang dilihatnya menjadi sebuah kumpulan lengkap kesatuan dan saling berkesinambungan. Ia memiliki kakak bernama Lincoln Burrows, yang terjebak konspirasi tingkat tinggi dari perusahaan korup The Company. Ia memutuskan membantu kakaknya keluar dari penjara Fox River, sampai akhirnya ia berhasil menjatuhkan Company. Terjebak cinta dengan Dr.Sara Tancredi sejak di Fox River, hidupnya pun harus berakhir untuk menyelamatkan sang pujaan hatinya.
Karakternya yang cerdas dan cool membuat setiap orang rasanya ingin memiliki otaknya! Akting yang sangat berkualitas dari Wentworth Miller.


2. Lincoln Burrows (Dominic Purcell)
Image and video hosting by TinyPicAnak dari agen The Company Aldo Burrows, yang dijebak sebuah konspirasi pembunuhan adik wakil presiden AS dan dijatuhi hukuman mati. Berkat bantuan adiknya, Michael, Lincoln dapat lolos dari penjara dan dibebaskan dari segala tuduhan hukum kepadanya. Memiliki 1 orang anak berusia 16 tahun, Lincoln Junior a.k.a LJ dan kekasih bernama Sofia Lugo. Sifatnya sangat berbeda dari Michael, dimana ia selalu menyelesaikan masalah dengan otot, bukan dengan otak. Namun, Michael sangat menyayangi dan menaruh respek terhadap kakaknya ini, karena dari kecil Linc lah yang merawat dan membesarkan Michael, bahkan rela untuk membiayai adiknya kuliah sementara ia sendiri akrab dengan kehidupan jalanan yang keras.
Totalitas akting dari Dominic Purcell, membuat karakter Linc benar-benar hidup. Salut!


3. dr. Sara Tancredi (Sarah Wayne Callies)
Image and video hosting by TinyPicSeorang dokter yang bekerja di klinik Fox River. Mantan pecandu morphin yang juga merupakan anak dari gubernur Tancredi, yang tewas oleh Company. Jatuh cinta kepada Michael sejak di klinik Fox River, ia terlibat pada pelarian Michael yang akhirnya membuat ia berhenti dari Fox River dan sempat membuatnya menyentuh morphin lagi. Sejak kematian ayahnya, ia membantu Michael mengungkap konspirasi besar Company. Ia bahkan sempat menjadi sandera dan dikabarkan tewas terbunuh. Menjadi tersangka pembunuh ibu Michael yang jahat, ia akhirnya dibawa keluar penjara oleh Michael, meski akhirnya harus rela melihat anaknya dan Michael lahir tnpa disaksikan Michael sendiri.
Sarah Wayne Callies sangat natural membawakan peran dokter, dan juga pandai memainkan emosi karakter Sara dengan sempurna.


4. Fernando Sucre (Amaury Nolasco)
Image and video hosting by TinyPicSahabat Michael sejak menjadi teman satu sel di Fox River, seorang keturunan Puerto Rico. Sebenarnya ia adalah orang baik-baik. Ia hanya dijebak ketika secara terpaksa mencuri uang untuk melamar gadis pujaannya Maricruz. Karena Maricruz pula lah ia membantu Michael untuk kabur dari Fox River. Ia ingin menggagalkan rencana pernikahan Maricruz dengan lelaki yang dulu menjebaknya. Ia berhasil, dan memang sebenarnya Maricruz sedang mengandung anaknya. Namun, semenjak ia menjadi buronan 'The Fox River 8', keselamatan Maricruz dan bayinya terancam dan ia sempat memutuskan untuk menjauh dari Maricruz demi keselamatan orang yang dicintainya. Seorang sahabat yang setia kawan, salah satu karakter favorit saya di Prison Break selain Scofield dan Mahone. Amaury Nolasco menjalani peran Sucre dengan baik, karena darah latin yang memang ia miliki, sehingga memudahkan ia masuk ke dalam peran Sucre.


5. Theodore 'T-Bag' Bagwell (Robert Kneeper)
Image and video hosting by TinyPicKarakter yang selalu menjadi antagonis dari season 1-4. Bisa dibilang, selain Company, T Bag merupakan musuh terbesar Michael yang selalu mengacaukan apapun rencana Michael. T- Bag adalah seorang psikopat ulung yang dipenjara di Fox River karena kejahatannya membunuh dan memperkosa anak di bawah umur. Sebenarnya, sikap negatif T Bag ini adalah akibat masa lalunya yang kelam bersama ayahnya yang seorang pedofilia. Ia sering menjadi korban kekerasan seksual ayahnya sendiri, hingga ia menjadi psikopat. Selalu merongrong Michael sejak di Fox River, T Bag tidak pernah berhenti membuat masalah dan melakukan berbagai cara liciknya untuk mendapatkan apa yang ia mau.
Akting yang amat sangat berkelas dari Robert Kneeper, membuat ia terlihat benar-benar psikopat dengan kelainan jiwa!


6. Bradley ' Brad' Bellick (Wade Williams)
Image and video hosting by TinyPicSalah satu karakter yang mengalami pengembangan selama Prison Break ini. Awalnya ia adalah kepala sipir penjara Fox River yang dari awal memang sangat sentimen terhadap Michael. Setelah Michael kabur, ia dipecat Fox River dan ia pun menaruh dendam kepada Michael. Ia mengejar Michael sampai ke Utah, bahkan ke Panama untuk menangkapnya. Sialnya, di Panama ia dijebak oleh T-Bag dan ia pun dipenjara di Sona bersama Michael. Di season 4, ia berubah membantu Michael mencari 'Scylla' demi pemulihan nama baiknya. Brad berubah dari tokoh yang dibenci menjadi pahlawan, ketika dengan beraninya ia mengorbankan nyawanya demi misi penemuan 'Scylla'.
Wade Williams seorang aktor yang terbukti bisa memainkan berbagai karakter dalam satu peran secara sempurna. Ia sukses mengaduk emosi penonton lewat karakter Bellick.


7. Alexander Mahone (William Fichtner)
Image and video hosting by TinyPicSeorang special agent FBI yang merupakan lawan tangguh Michael dalam masalah otak. Mungkin mahone inilah satu-satunya yang mampu mengimbangi kecerdasan Scofield. Awalnya ia ditugaskan FBI untuk menangkap Fox River 8, namun karena tekanan Company yang mengancam keluarganya, ia sempat menjadi agen Company untuk membunuh Michael dan Linc. Terjebak dipenjara Sona, ia mulai berbalik haluan dan menjadi orang kepercayaan Michael dan Linc. Mahone telah bercerai dengan istrinya, dan anak satu-satunya yang masih berumur 6 tahun, Cameron tewas dibunuh Company. Hal ini menjadi motivasi utama Mahone ingin menjatuhkan Company, untuk membalas dendam atas kematian anaknya. Dibalik sosoknya yang terlihat keras, ia adalah seorang pria baik.
William Fichtner adalah salah satu idola saya, dan karakter Alex Mahone ini juga menjadi salah satu favorit saya. Pasti salah satu penyebabnya adalah kematangan akting seorang Fichtner.


Yap, itu tadi panjang lebar ulasan saya tentang serial yang mungkin terbaik yang pernah saya tonton. Hmm...saya hanya bisa berharap, suatu hari di Indonesia bisa muncul 'sinetron' berkualitas seperti Prison Break ini.....because I LOVE PRISON BREAK SOO MUCH...this serial is awesooome!!!

2 komentar:

Unknown mengatakan...

kalau ada pertanyaan bisa hub kmn? thanks

Unknown mengatakan...

Mantap. Terimakasih

Posting Komentar